Penny K. Lukito, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI), meninjau fasilitas pembuatan vaksin Zifivax di PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, Bogor, Jawa Barat.

 

Kunjungan tersebut dilakukan Penny untuk meninjau perkembangan produksi vaksin Covid-19 di dalam negeri.

Vaksin Zifivax merupakan vaksin Covid-19 yang didaftarkan oleh PT Jakarta Biopharmaceutical Industry (JBio) dan telah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM RI untuk digunakan sebagai vaksin primer atau booster.

 

“Saya selalu mengatakan bahwa pasti ada hal positif di balik bencana pandemi ini. Saya belum beralih dari vaksin ke vaksin sejak awal dan itu suatu kehormatan,” kata Penny dalam sebuah pernyataan, Jumat, 8 April 2022.

 

Menurut Penny, pandemi Covid-19 telah mengganggu pelaksanaan Inpres No. 6/2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Kefarmasian dan Alat Kesehatan.

 

“Perkembangannya pesat dan luar biasa, apalagi dengan adanya vaksin Covid-19,” kata Penny.

Sebelumnya diberitakan, Indonesia kini telah memproduksi 1 juta dosis vaksin Zifivax Covid-19.

Sementara itu, Mahendra Suhardono, Presiden Direktur PT Jakarta Biopharmaceutical Industry (JBio), mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memproduksi vaksin di dalam negeri.

 

“Kami sangat berkomitmen untuk kemandirian bangsa, khususnya di bidang farmasi, kami sedang membangun pabrik vaksin Covid dan akan ada vaksin lainnya juga. Apa yang dibutuhkan Indonesia dan daerah, akan kita produksi di Indonesia,” jelas Mahendra.

Comments to: Tinjau Produksi Vaksin Covid-19 Zifivax, Kepala BPOM Puji Komitmen Kemandirian Farmasi

Your email address will not be published.