Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan menggagalkan penyelundupan 30.911 benih udang atau benih lobster di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur.

 

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Surabaya I Suprayogi merilis kronologi pengungkapan kasus yang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB pada Kamis, 12 Mei 2022.

 

Rencananya mau dibawa ke Singapura, tapi sinergi kita dengan teman-teman bea dan cukai berhasil mencegah kejahatan ini,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, 2022.

Suprayogi menjelaskan, anak laki-laki yang diangkut dengan pesawat Scoot Tiger Air ini terdiri dari 26.895 jenis pasir dan 4.016 jenis mutiara. Pejabat menyisihkan hingga 600 benih untuk keperluan persidangan.

 

Pelaku berinisial S sudah ditangkap oleh teman-teman Bea dan Cukai dan sedang dalam pemeriksaan,” kata Suprayogi.

Usai pencacahan, koordinator BKIPM Surabaya I bersama Kanwil Jawa Timur Pusat Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar. Koordinasi ini berfungsi untuk memilih lokasi pelepasan juvenil ikan dengan tetap menjaga kelestariannya.

 

Dalam kesempatan itu, Yogi mengingat kembali ancaman pidana kepada pelaku. Sebagaimana diatur dalam Pasal 92 jo Pasal 26(1) Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penciptaan Lapangan Kerja sebagai Perubahan atas Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 dan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan, penyelundup dapat melakukan penyelundupan sumber daya perikanan diancam dengan hukuman delapan tahun penjara.

 

Kami ingatkan, jangan coba-coba, karena sinergi antar lembaga semakin kuat, yang juga berarti tidak ada ruang untuk penyelundupan,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, KKP, menegaskan komitmennya pada budidaya lobster di dalam negeri.

Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 17 Tahun 2020 yang juga melarang ekspor ikan juvenil.

Comments to: Penyelundupan 30.911 Benur Lobster di Bandara Juanda Digagalkan

Your email address will not be published.