Kapolri Listyo Sigit Prabowo meninjau dan mengecek kesiapan pengamanan arus balik Lebaran 2022. Kegiatan kali ini dilakukan pada Sabtu (05/07) di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Sigit mengatakan berdasarkan grafik arus balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni, kapasitas penumpang meningkat selama dua hingga tiga hari terakhir.

 

Dari 15.000 orang naik menjadi 16.000 dan naik lagi menjadi 31.000. Dan kemungkinan malam ini bisa naik menjadi 41.000,” kata Sigit, Sabtu (7 Mei).

Menurut dia, pihaknya telah mendengar dan melihat program persiapan yang dilakukan anggotanya, yang sedang melakukan pengamanan di pelabuhan guna mengetahui keberadaan terpidana.

 

“Dari mendirikan rest area sebagai akomodasi saat terjadi kepadatan di dermaga hingga menambah jumlah dermaga di Bakauheni, yakni dermaga Panjang dan BBJ, serta jumlah shite.”

Saya kira dengan teknik yang baik ini, kemacetan yang terjadi kemarin di Pelabuhan Merak bisa dihindari di Pelabuhan Bakauheni,” lanjutnya.

 

Mantan Kepala Bareskrim Polri itu mengungkapkan, ada beberapa rencana yang disiapkan petugas seperti Hijau, Kuning, dan Merah. Merah berarti padat dan selama beberapa hari terakhir hanya hijau. Saya berharap situasi ini bisa berlanjut,” katanya.

 

Sigit mengimbau masyarakat memanfaatkan pelonggaran beberapa otoritas atau instansi untuk beberapa hari ke depan untuk tidak mudik lebaran agar tidak terjadi overcrowding.

Relaksasi ini memungkinkan masyarakat untuk bekerja di rumah atau WFH tanpa mengurangi kewajiban wajibnya. Kemudian, memanfaatkan libur sekolah khusus anak-anak di Jakarta, yaitu 12 Mei.

 

Relaksasi ini harus dimanfaatkan dan diatur kembali sehingga kemacetan arus balik dapat dihindari dan dianalisis. Lebih penting lagi, masyarakat dapat kembali dengan nyaman dan aman. Kami, pemerintah dan pemangku kepentingan terkait akan memberikan pelayanan yang terbaik,” ujarnya.

 

Selanjutnya wilayah timur menuju barat dikatakan mengalami hal yang sama. Kelompoknya melakukan beberapa langkah untuk mengurangi kepadatan, mulai dari arus balik, merusak sistem satu arah dari Gerbang Tol Kalikangkung dan KM 3.500, dan itu bisa strata vorßma hingga tergantung situasi dan kondisi.

 

Pengerahan ini kami siapkan sebagai skenario jika terjadi kemacetan panjang dan akan dievaluasi lebih lanjut untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik,” jelasnya.

Selain itu, mantan Kepala Divisi Propam itu mengimbau kepada pegawainya untuk terus melakukan pengawalan dan pengamanan di jalan alternatif meski selama penerapan jalan satu arah.

Semoga semuanya berjalan dengan baik dan lancar,” tutupnya.

 

Selain meninjau Pelabuhan Bakauheni, Sigit juga menyempatkan diri menyapa langsung para pemudik yang melintas dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa.

Comments to: Kapolri Minta Masyarakat Manfaatkan WFH dan Libur Sekolah

Your email address will not be published.