Presiden Joko Widodo meminta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menerapkan lockdown zona guna mencegah terjadinya mutasi penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang ternak. Dengan demikian, pergerakan ternak dapat dicegah dengan baik.

 

Jokowi mengimbau kepada Menteri Pertanian agar segera melakukan lockdown dan lockdown zona di daerah untuk memungkinkan terjadinya mutasi ternak dari satu tempat ke tempat lain atau perpindahan ternak ke dalam kabupaten,” kata Jokowi, juga pada Senin (5 September 2022). ) memimpin Rapat Paripurna Kabinet di Istana Negara Jakarta.

 

Ia juga memerintahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memastikan tidak ada pergerakan ternak dari kandang yang terdeteksi penyakit mulut. Selain itu, Jokowi menginstruksikan untuk membentuk satgas untuk menangani wabah ini.

 

Bentuk satgas agar jelas siapa yang akan bertanggung jawab nanti,” katanya.

 

Sebelumnya, Kementerian Pertanian secara aktif berupaya mencegah penyebaran dan jejak penyakit kaki dan kuku (PMK) di Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, dan Lamongan.

Dua laboratorium utama kami, Pusat Veteriner Wates dan Pusat Kedokteran Hewan (Pusvetma) Surabaya sebagai laboratorium rujukan PMK, telah aktif mengikuti kasus ini sejak awal. Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan Pemprov Jatim untuk melakukan lock down di zona wabah tersebut,” kata Dirjen Peternakan dan Perikanan. Kesehatan Hewan, Nasrullah, Sabtu (7 Mei) di Jakarta.

 

Nasrullah menjelaskan, kasus ini pertama kali diketahui setelah hasil tes PCR positif PMK dan pihaknya menggelar pertemuan dengan gubernur Jawa Timur. Langkah-langkah tanggap darurat yang disiapkan untuk penanganannya adalah sebagai berikut:

 

1. Penetapan KLB oleh Menteri Pertanian berdasarkan surat Gubernur dan rekomendasi dari Otoritas Veteriner Nasional PP No. 47/2014

 

2. Pendataan harian jumlah penduduk positif PMK

 

3. Pemusnahan terbatas hewan ternak positif PMK

 

4. Penetapan lockdown zona wabah desa/kelurahan di masing-masing wilayah dalam radius 3-10 km di sekitar wilayah terdampak wabah

 

5. Pembatasan dan pengetatan pengawasan lalu lintas ternak, pasar hewan dan rumah potong hewan

 

6. Mendidik petani tentang SOP pengendalian dan pencegahan PMK

 

7. Siapkan vaksin PMK

 

8. Pembentukan satgas di tingkat provinsi dan kabupaten

 

9. Pengawasan ketat oleh Badan Karantina Pertanian terhadap impor sapi hidup ke daerah perbatasan dengan negara tetangga yang belum bebas PMK

 

Nasrullah juga menjelaskan bahwa tim pusat dan daerah telah bekerja di lokasi sejak Jumat. Harapannya adalah melokalisasi zona penyakit dan tidak menyebar ke sentra ternak lainnya.

Komunitas kami mohon bantuan dan kerjasamanya untuk tidak membawa atau memperdagangkan sapi dari daerah wabah ke daerah yang masih clear. Ini akan kita tangani bersama dan temukan lokasinya,” tutup Nasrullah.

Comments to: Jokowi Minta Mentan Terapkan Lockdown Zonasi untuk Cegah Mutasi PMK Hewan Ternak

Your email address will not be published. Required fields are marked *