Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali menggelar rapat koordinasi terkait evaluasi dan perbaikan pengamanan penyelenggaraan sepak bola pada Kamis (6/10/2022), menyusul terjadinya tragedi Kanjuruhan pasca laga Arema FC vs Persebaya Surabaya beberapa waktu lalu.

 

Agenda ini juga merupakan kelanjutan dari rapat yang dihelat Menko Polhukam Mahfud MD pada Senin (3/10/2022). Menpora membuka kemungkinan bagi PSSI, perwakilan klub, dan perwakilan suporter untuk menyuarakan pendapat dalam kesempatan tersebut.

 

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

 

“Dari perjalanan rapat pada siang sampai sore hari ini, saya mendengarkan dan mempersilakan PSSI, perwakilan klub, suporter, dan teman-teman lembaga tingkat pusat, Polri, BNPB, Kemendagri, Kemenkes. Kita sampaikan pandangan kita, dan dari itu ada beberapa catatan.”

 

Adapun salah satu yang menjadi topik pembahasan di rapat koordinasi Menpora ialah terkait SOP penanganan kesehatan dalam pertandingan sepak bola. Pasalnya, Indonesia hingga kini dinilai masih kurang dalam melaksanakan aspek tersebut.

 

“Tadi dibicarakan tentang hal urgent (yakni) SOP penanganan kesehatan yang nanti dikaitkan dengan pengamanan. Kita sadari selama ini (hal tersebut) menjadi kekurangan kita,” ujarnya selepas rapat koordinasi pada Kamis (6/10/2022).

 

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

 

“Standarnya dari Kemenkes akan segera (dibuat) dan akan disosialisasikan PSSI. Dalam setiap pertandingan, harus ada itu, harus ada persyaratan minimum yang disediakan, sehingga ketika ada insiden, penganganan langsung bisa (dilakukan) di tempat karena (fasilitasnya) tersedia.”

 

Lebih lanjut, Menpora juga mengungkap catatan penting lain yang dihasilkan dalam rapat. Ia sepakat melakukan evaluasi menyeluruh terkait penyelenggaraan kompetisi sepak bola nasional, baik Liga 1, Liga 2, maupun Liga 3.

 

“Kita sepakat evaluasi menyeluruh dari penyelenggaraan kompetisi sepak bola nasional. Tentu bukan hanya Liga 1, melainkan juga Liga 2 dan Liga 3. Masukan yang disampaikan oleh peserta rapat saya kira cukup mewakili situasi yang sedang terjadi,” katanya lagi.

Comments to: Gelar Rapat Koordinasi, Menpora Bahas SOP Penanganan Kesehatan dalam Pertandingan Sepak Bola

Your email address will not be published. Required fields are marked *