Menyambut libur lebaran kali ini, para PKL atau PKL baru di Teras Malioboro 1 dan 2 kembali diiklankan untuk menarik kunjungan wisatawan. Teras Malioboro merupakan tempat yang menjadi pusat ekonomi baru di Malioboro setelah semua PKL dipinggirkan oleh pemerintah pada Februari lalu.

Teras 1 Malioboro terletak di ujung selatan Malioboro atau menempati lokasi bekas Bioskop Indra. Sedangkan Teras 2 berada di ujung utara atau menempati lahan bekas Kantor Pariwisata DIY.

Untuk menggaet wisatawan saat libur lebaran, kami berupaya mengadakan event untuk menarik pengunjung ke Malioboro Teras 1 dan 2,” kata Srie Nurkyatsiwi, Kepala Dinas Koperasi 27 Rekan Wilayah dan UKM Yogyakarta, April 2022.

 

Keberadaan acara IS dinilai penting untuk mendorong dan menjalin silaturahmi dengan wisatawan khususnya di luar Yogya, yang menurut Siwi setelah pindahnya PKL Malio sudah sempat berkunjung. Acara ini juga harus menunjukkan bahwa ada tempat-tempat menarik untuk belanja dan wisata budaya di sini,” katanya.

Di Teras Malioboro Anda akan menemukan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam barang mulai dari oleh-oleh, ikat celup, sembako dan cinderamata.

Dengan dinamika lebaran ini, Siwi berharap setiap PKL dapat bekerja secara profesional dan berinovasi untuk menarik wisatawan. Ia tidak ingin kejadian yang mencoreng citra positif Malioboro terulang kembali.

 

Misalnya, ada pedagang yang dengan sengaja nuthuk atau gila-gilaan menaikkan harga, menjual makanan yang kondisinya sudah tidak layak lagi, dan perbuatan lain yang melanggar kesepakatan dan tata tertib perkumpulan. .

 

Ratu Raja Keraton Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) permaisuri Hemas juga mengunjungi Teras Malioboro 1 untuk melihat kesediaan para pedagang kaki lima menyambut hari raya Idul Fitri. Hemas bahwa Teras Malioboro mewakili wajah ramah DIY dan pendukung ekonomi UMKM.

 

“Saat ini kondisi Teras Malioboro sudah rapi, bersih dan dengan harga yang terjangkau,” kata Hemas.

Agar wisatawan merasa nyaman saat berbelanja, sea ice hemas perlu sikap ramah dari pihak pedagang selain faktor pendukung lokasi. Dengan kondisi ini, Teras Malioboro bisa menjadi destinasi wisata unggulan di Yogyakarta,” ujarnya.

Comments to: Cara Yogyakarta Gaet Wisatawan Kunjungi Teras Malioboro Saat Libur Lebaran

Your email address will not be published.